belanda tak mau sesumbar

Pelatih timnas Belanda, Bert van Marwijk sepertinya harus mengalahkan dua hal pada partai pembukaan timnya besok: pertama Denmark, dan kedua kepercayaan diri yang berlebihan.

Belanda termasuk tim yang sangat difavoritkan untuk menjadi juara Piala Dunia tahun ini. Catatan gemilang di babak kualifikasi dan performa bagus di beberapa laga ujicoba membuat "Singa Oranye" dinilai dalam kondisi siap.

Menyadari persiapan mereka baik, Van Marwijk tidak mau timnya merasa sudah di atas angin. "Benar kami tampil bagus saat pemanasan, tapi kami punya jaminan apa-apa menghadapi lawan-lawan kami di Piala Dunia," ujarnya kepada media saat sesi latihan.

"Kami percaya kami mampu, dan sekarang kami harus seperti itu dan melakukan itu(di lapangan)," sambung pelatih berusia 58 tahun itu.

Sejak menyihir dunia di Piala Dunia 1974 dan 1978, Belanda selalu dipandang sebagai sepakbola menyenangkan, terlebih setelah mereka memenangi piala besar pertamanya, yakni Piala Eropa 1988.

Meski demikian, prestasi Belanda di Piala Dunia sejak menjadi runner up di tahun 1974 dan 1978 tidaklah terlalu mentereng. Mereka tidak lolos ke putaran final edisi 1982, 1986 dan 2002, serta belum pernah lagi menembus semifinal. Empat tahun lalu di Jerman Rafael van Vaart dkk dihentikan Portugal di babak 16 besar.

Kekuatan Belanda saat ini terletak pada 'The Big Four' yaitu Robin van Persie, Wesley Sneijder, Van der Vaart dan Arjen Robben. Namun pada laga esok Robben urung tampil karena masih cedera. Kemungkinan posisi tersebut akan digantikan pemain Liverpool, Dirk Kuyt.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Glingo | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger